KEYWORD, TIPE DATA DAN OPERATOR PADA JAVA



A.  KEYWORD
        Keyword atau kata kunci merupakan kata yang mempunyai arti khusus sehingga tidak dapat digunakan sebagai identifier. Berikut daftar, definisi, fungsi serta contoh penggunaan dari keyword dalam bahasa Java.

1.    Abstract
Abstract class dalam java digunakan untuk mendeklarasikan karakteristik umum dari subclass. Abstract class tidak bisa diinstansiasi sama halnya dengan kelas interface. abstract class hanya bisa digunakan sebagai super class, tapi juga bisa diturunkan dari class abstract lainnya. Untuk mendeklarasikan sebuah abstract class (syntax) digunakan keyword abstract : 
[abstract] class [class_name]  
Sebuah abstract class pada dasarnya tidak hauh beda dengan class lainnya, yakni juga berisi method yang menggambarkan carakteristik dari kelas abstract tersebut, bedanya yakni sebuah abstract class bisa berisi method tanpa diimplementasikan artinya sebuah method tanpa body, methid seperti ini disebut method abstract. untuk pendeklarasiannya digunakan keyword abstract: 
[abstract] modifier class [class_name]
2.    Assert
Digunakan untuk membuat pernyataan-pernyataan yang selalu benar. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah salah, maka AssertionError ditampilkan dan program akan berakhir. Keyword ini dimaksudkan untuk membantu dalam debugging.
3.    boolean
boolean digunakan untuk menyatakan variable yang dapat menyimpan nilai boolean yaitu benar atau salah.
4.    break
Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program ke statement selanjutnya segera setelah selesai mengeksekusi suatu statement.
5.    byte
Kata kunci byte digunakan untuk menyatakan variable dapat menyimpan data integer sebanyak 8-bit.
6.    case
Digunakan untuk membuat case-case individu dalam pernyataan switch.
7.    catch
sebuah blok satement yang dieksekusi jika pengecualian dijalankan pada blok pendefinisian oleh kata kunci try sebelumnya.
8.    char
Kata kunci char digunakan untuk menyatakan variable yang dapat menyimpan data karakter sebanyak 16-bit.
9.   class
Digunakan untuk mendefinisikan dan mengimplementasikan berbagai macam objek didalamnya.
10.    continue
Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program pada akhir pengulangan.
11.    default
Default dapat digunakan dalam pernyataan switch untuk label blok pernyataan yang akan dieksekusi jika case tidak sesuai dengan nilai tertentu.
12.    do
Digunakan bersama dengan while untuk membuat do-while pengulangan, yang mengeksekusi suatu blok statemen berkaitan dengan pengulangan dan kemudian tes ekspresi boolean, jika pernyataan bernilai true, pemgulangan dijalankan lagi, ini terus sampai ekspresi bernilai false.
13.    double
Digunakan untuk menyatakan variable dapat menampung 64-bit tipe data float.
14.    else
Kata kunci lain yang digunakan bersama dengan if untuk membuat pernyataan jika-lain, yang menguji suatu ekspresi boolean, jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan terkait dengan jika dievaluasi, jika mengevaluasi ke false blok, dari laporan terkait dengan lain dievaluasi .
15.    enum (J2SE 5.0)
Sebuah Java kata kunci yang digunakan untuk mendeklarasikan tipe enumerasi. Enumerations memperpanjang kelas dasar Enum.
16.    extends
Keyword yang digunakan bila terjadi pewarisan, kelas yang mewariskan method dan attributenya disebut kelas super, sedangkan yang diwariskan disebut subkelas.
17.    final
Dengan keyword ini kelas tidak dapat menurunkan kelas lain, method tidak dapat dioverride oleh method lain, membentuk suatu attribute menjadi konstanta.
18.    finally
Digunakan untuk mendefinisikan suatu blok statemen untuk blok yang ditetapkan sebelumnya dengan kata kunci try.
19.    float
Digunakan untuk menyatakan variable dapat menampung 32-bit tipe data decimal.
20.    for
Kata kunci untuk digunakan untuk membuat untuk pengulangan, yang menetapkan inisialisasi variabel, ekspresi boolean, dan suatu incrementation. Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian ekspresi boolean dievaluasi. Jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan pengulangan dijalankan, dan kemudian incrementation yang dilakukan. Ekspresi boolean kemudian dievaluasi lagi, ini terus sampai ekspresi bernilai false .

Semoga Bermanfaat.....  ;)