PENGENALAN METHOD, CLASS, CONSTRUCTOR, MODIFIER DAN OBJECT PADA JAVA








Defenisi
Sebelum kita mengenali 5 hal seperti yang ada pada judul, terlebih dahulu kita flash back sejenak untuk mengingat apa itu atribut. Atribut adalah keadaan yang dimiliki oleh objek. Sedangkan method adalah apa – apa yang menurut subjek harus dapat dilakukan objek. Method yang dimiliki objek berkelas mobil dapat berupa cara menghidupkan mesin dan cara mengoper persneling.

Baiklah disini saya akan mencoba menjelaskan nya satu per satu dengan cara sederhana : 
  • CLASS
Kelas pada Java didefenisikan dengan menggunakan kata kunci class. Berikut ini merupakan deklarasi kelas pada Java :

{modifier1} class Namakelas [modifier2] {
Class body;} 

  • METHOD
Method digunakan untuk memodularisasi program pemisah satu tugas menjadi satu unit tersendiri. Berikut ini meupakan deklarasi method pada Java :

[modifier1] tipe NilaiKembalian namaMethod (parameter input) {
Method body;
}
  • CONSTRUCTOR 
Constructor merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada. Constructor digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (memberikan nilai default) pada atribut – atribut yang dimiliki oleh suatu objek saat objek itu pertama kali dibuat.
  • MODIFIER
Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam Java . Modifier akses adalah modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri dari private, default, protected, dan public.

Beberapa modifier penting lainnya :
Static  yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh        
Objek atau kelas meski tanpa dilakukan instansi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modofikasi terhadap atribut
Maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanata.

  •  OBJEK
Sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek – objek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operatir new untuk membuat objek dari suatu kelas.
Objek dibuat dengan cara menuliskan :
1.       NamaKelas NamaObjek = new NamaConstructor();
2.       NamaKels NamaObjek;
    NamaObjek = new NamaConstructor();


MEMBUAT  PROGRAM MainDisket.java

Sekarang kita mencoba untuk membuat contoh sederhana dari Method, Class,  Constructor, Modifier dan Object 
Pertama kita akan membuat class disket yang nantinya kita gunaka sebagai Constructor pada class MainDisk.

Public class Disket {Int panjang = 10;Ø Atribut
Final int LEBAR = 10;                                            Ã˜ Atribut
String warna =  “kuning”;                                 Ã˜ Atribut
String bentuk =  “segiempat”;                      Ã˜ Atribut
String data = “ “;                                                     Ã˜ Atribut 
Void simpanData (String data1) {                 Ã˜ Method
This.data += data1;} Void hapusData() { Ã˜ Method
data = “ “;} String bacaData() {                  Method   
Return data;}
Keterangan :
· Void simpanData (String data1) merupakan Method karena mempunyai tutup kurung dan  buka kurung
· Void hapusData()merupakan Method karena mempunyai tutup kurung dan  buka kurung
· String bacaData()merupakan Method karena mempunyai tutup kurung dan  buka kurung
Catatan : Mengingat code diatas tidak memiliki fungsi utama yaitu void main maka ketika code diatas dijalankan tidak terjadi apa-apa hanya muncul Notif ( abaikan saja ) karena class disket akan di jadikan constructor pada class MainDisk

Kedua membuat satu class lagi pada lembar yang lain dengan nama class nya adalah class MainDisket.

Class MainDisket {Public static void main (string [] args) {  FUNGSI UTAMA
Disket disk1 = new Disket () ;
System.out.println(“Panjang disket = “+ disk1.panjang) ;
System.out.println(“Lebar disket = “+ disk1.LEBAR) ;
System.out.println(“Warna disket = “+ disk1.warna) ;
System.out.println(“Bentuk disket = “+ disk1.bentuk) ; 
System.out.println(“data mula – mula  = “+ disk1.bacaData()) ;
Disk1.simpanData (“Belajar java”) ;System.out.println(“Setelah SimpanData  =“+ disk1.bacaData());Disk1.hapusData() ;
System.out.println(“Setelah hapusData  = “+ disk1.bacaData()) ;
}
}

Keterangan :
  • System.out.println (“Panjang disket = “+ disk1.panjang); artinya kita memanggil panjang pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
  • System.out.println (“Lebar disket = “+ disk1.LEBAR) ; artinya kita memanggil lebar pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
  • System.out.println (“Warna disket = “+ disk1.warna) ; artinya kita memanggil warna pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
  • System.out.println (“Bentuk disket = “+ disk1.bentuk) ; artinya kita memanggil bentuk pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
  • System.out.println (“data mula - mula = “+ disk1.bacaData()) ; yang isinya adalah return data diambil dari kelas disket yang berisi spasi kosong
  • Disk1.simpanData(“Belajar java”); yand isi this.data diambil dari kelas disket + yang artinya tambah satu spasi Belajar java 

Mengimplementasikan konstruktor pada class Disket

Disket () {            

Panjang = 100;}Disket (int panjang1) {            
This.panjang = panjang1;}

Keterangan :
Ditambah pada kelas Disket yang panjang menjadi 100


Ubah cource pada MainDisket.java

Disket disk1 = new Disket (50) ;

Keterangan :
New Disket pada MainDisket tadi spasi kosong sekarang menjadi 50

Berikut hasil Akhirnya sebelum ada perubahan.

 




0 Response to "PENGENALAN METHOD, CLASS, CONSTRUCTOR, MODIFIER DAN OBJECT PADA JAVA"