Defenisi
Sebelum kita
mengenali 5 hal seperti yang ada pada judul, terlebih dahulu kita flash back
sejenak untuk mengingat apa itu atribut. Atribut adalah
keadaan yang dimiliki oleh objek. Sedangkan method adalah apa – apa yang
menurut subjek harus dapat dilakukan objek. Method yang dimiliki objek berkelas
mobil dapat berupa cara menghidupkan mesin dan cara mengoper persneling.
Baiklah
disini saya akan mencoba menjelaskan nya satu per satu dengan cara sederhana
:
- CLASS
Kelas pada Java didefenisikan dengan
menggunakan kata kunci class. Berikut ini merupakan deklarasi kelas pada Java :
{modifier1} class Namakelas [modifier2] {
Class body;}
{modifier1} class Namakelas [modifier2] {
Class body;}
- METHOD
Method digunakan untuk memodularisasi
program pemisah satu tugas menjadi satu unit tersendiri. Berikut ini meupakan
deklarasi method pada Java :
[modifier1] tipe NilaiKembalian namaMethod (parameter input) {
Method body;
}
[modifier1] tipe NilaiKembalian namaMethod (parameter input) {
Method body;
}
- CONSTRUCTOR
Constructor merupakan method yang namanya sama
dengan nama kelas dimana method itu berada. Constructor digunakan untuk
menginisialisasi nilai awal (memberikan nilai default) pada atribut – atribut
yang dimiliki oleh suatu objek saat objek itu pertama kali dibuat.
- MODIFIER
Modifier adalah sifat yang dimiliki
oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam Java . Modifier akses adalah
modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri dari private, default,
protected, dan public.
Beberapa
modifier penting lainnya :
Static yaitu modifier yang digunakan
agar suatu atribut maupun method dapat diakses
oleh
Objek atau
kelas meski tanpa dilakukan instansi terhadap kelas dimana atribut maupun
method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static
yang sering digunakan.
Final yaitu modifier yang digunakan
untuk mencegah kemungkinan modofikasi terhadap atribut
Maupun
method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanata.
- OBJEK
Sebuah kelas
dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan
secara berbeda oleh objek – objek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operatir
new untuk membuat objek dari suatu kelas.
Objek dibuat
dengan cara menuliskan :
1. NamaKelas NamaObjek = new NamaConstructor();
2. NamaKels NamaObjek;
NamaObjek = new
NamaConstructor();
MEMBUAT PROGRAM
MainDisket.java
Sekarang kita mencoba untuk membuat contoh sederhana dari Method, Class, Constructor, Modifier dan Object
Sekarang kita mencoba untuk membuat contoh sederhana dari Method, Class, Constructor, Modifier dan Object
Pertama kita akan membuat class disket yang
nantinya kita gunaka sebagai Constructor pada class MainDisk.
Public class Disket {Int panjang = 10;Ø Atribut
Final int LEBAR = 10; Ø Atribut
String warna = “kuning”; Ø Atribut
String bentuk = “segiempat”; Ø Atribut
String data = “ “; Ø Atribut
Void simpanData (String data1) { Ø Method
This.data += data1;} Void hapusData() { Ø Method
data = “ “;} String bacaData() { Method
Return data;}
Public class Disket {Int panjang = 10;Ø Atribut
Final int LEBAR = 10; Ø Atribut
String warna = “kuning”; Ø Atribut
String bentuk = “segiempat”; Ø Atribut
String data = “ “; Ø Atribut
Void simpanData (String data1) { Ø Method
This.data += data1;} Void hapusData() { Ø Method
data = “ “;} String bacaData() { Method
Return data;}
Keterangan :
· Void simpanData (String data1)
merupakan Method karena mempunyai tutup kurung dan buka kurung
· Void hapusData()merupakan
Method karena mempunyai tutup kurung dan buka kurung
· String
bacaData()merupakan Method karena mempunyai tutup kurung dan buka
kurung
Catatan : Mengingat code diatas tidak
memiliki fungsi utama yaitu void main maka ketika code diatas dijalankan
tidak terjadi apa-apa hanya muncul Notif ( abaikan saja ) karena class disket
akan di jadikan constructor pada class MainDisk
Kedua membuat satu class lagi pada lembar
yang lain dengan nama class nya adalah class MainDisket.
Class MainDisket {Public static void main (string [] args) { FUNGSI UTAMA
Disket disk1 = new Disket () ;
System.out.println(“Panjang disket = “+ disk1.panjang) ;
System.out.println(“Lebar disket = “+ disk1.LEBAR) ;
System.out.println(“Warna disket = “+ disk1.warna) ;
System.out.println(“Bentuk disket = “+ disk1.bentuk) ;
System.out.println(“data mula – mula = “+ disk1.bacaData()) ;
Disk1.simpanData (“Belajar java”) ;System.out.println(“Setelah SimpanData =“+ disk1.bacaData());Disk1.hapusData() ;
System.out.println(“Setelah hapusData = “+ disk1.bacaData()) ;
}
}
Class MainDisket {Public static void main (string [] args) { FUNGSI UTAMA
Disket disk1 = new Disket () ;
System.out.println(“Panjang disket = “+ disk1.panjang) ;
System.out.println(“Lebar disket = “+ disk1.LEBAR) ;
System.out.println(“Warna disket = “+ disk1.warna) ;
System.out.println(“Bentuk disket = “+ disk1.bentuk) ;
System.out.println(“data mula – mula = “+ disk1.bacaData()) ;
Disk1.simpanData (“Belajar java”) ;System.out.println(“Setelah SimpanData =“+ disk1.bacaData());Disk1.hapusData() ;
System.out.println(“Setelah hapusData = “+ disk1.bacaData()) ;
}
}
Keterangan :
- System.out.println (“Panjang disket = “+ disk1.panjang); artinya kita memanggil panjang pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
- System.out.println (“Lebar disket = “+ disk1.LEBAR) ; artinya kita memanggil lebar pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
- System.out.println (“Warna disket = “+ disk1.warna) ; artinya kita memanggil warna pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
- System.out.println (“Bentuk disket = “+ disk1.bentuk) ; artinya kita memanggil bentuk pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
- System.out.println (“data mula - mula = “+ disk1.bacaData()) ; yang isinya adalah return data diambil dari kelas disket yang berisi spasi kosong
- Disk1.simpanData(“Belajar java”); yand isi this.data diambil dari kelas disket + yang artinya tambah satu spasi Belajar java
Mengimplementasikan
konstruktor pada class Disket
Disket () {
Panjang = 100;}Disket (int panjang1) {
This.panjang = panjang1;}
Disket () {
Panjang = 100;}Disket (int panjang1) {
This.panjang = panjang1;}
Keterangan :
Ditambah
pada kelas Disket yang panjang menjadi 100
Ubah cource
pada MainDisket.java
Disket disk1 = new Disket (50) ;
Keterangan :
New Disket
pada MainDisket tadi spasi kosong sekarang menjadi 50
Berikut hasil Akhirnya sebelum ada perubahan.
Berikut hasil Akhirnya sebelum ada perubahan.
0 Response to "PENGENALAN METHOD, CLASS, CONSTRUCTOR, MODIFIER DAN OBJECT PADA JAVA"
Post a Comment